Welcome to Radiks Chemical Enginnering information

Matlab



Matlab (matrix laboratory) diciptakan oleh Cleve Moler pada tahun 1970. Ia merancang untuk memberikan akses bagi mahasiswa dalam memakai LINPACK dan EISPACK tanpa harus mempelajari Fortran. Pada tahun 1970 beli juga menjadi Ketua Departemen Ilmu Komputer di Universitas New Mexico.

Matlab itu sendiri adalah sebuah lingkungan komputasi numerikal dan bahasa pemrograman komputer generasi keempat, yang dikembangkan oleh The Mathworks. Matlab memungkinkan mamanipulasi pem-plot-an fungsi dan data, matrix, implementasi algoritma, pembuatan antar muka pengguna, dan peng-antarmukaan dengan program dalam bahasa lainnya.

Matlab pertama kali di adobsi oleh insinyur rancangan kontrol(yang juga spesialis Little), dan juga di gunakan dalam bisa pendidikan, khusus nya dalam pengajaran aljabar linier dan analisis numerik serta populer di kalangan ilmuwan yang menekuni bidang pengolahan citra.

Matlab (Matrix Laboratory) merupakan sebauah program perangkat lunak untuk analisis dan komputasi numerik, Pada awalnya, matlab ini merupakan interface untuk koleksi rutin-rutin numerik dari proyek LINPACK dan EISPACK, dan dikembangkan menggunkan bahasa FORTRAN namun sekarang matlab merupakan produk komersial dari perusahaan Mathworks, Inc. yang dalam perkembangan selanjutnya dikembangkan menggunakan bahasa C++ dan assembler (utamanya untuk fungsi-fungsi dasar MATLAB).

MATLAB yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi berbasis pada matriks sering digunakan untuk teknik komputasi numerik, yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang melibatkan operasi matematika elemen, matrik, optimasi, aproksimasi dll. Sehingga Matlab banyak digunakan pada :
Matematika dan Komputansi
Pengembangan dan Algoritma
Pemrograman modeling, simulasi, dan pembuatan prototipe
Analisa Data , eksplorasi dan visualisasi
Analisis numerik dan statistik
Pengembangan aplikasi teknik
sekarang matlab sudah memasuki versi R2009b, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi http://www.mathworks.com

 

berikut materi kuliah pengatar matlab, silahkan download…

Pengantar Aplikasi Komputer (Matlab)

Tinggalkan komentar