Welcome to Radiks Chemical Enginnering information

SARANA DAN PRASARANA


1. Bangunan Fisik
Gedung yang digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan akademik pada program studi Teknik Kimia adalah gedung/ruang sendiri. Untuk perkuliahan tersedia 6 ruangan dengan kapasitas maksimum 50 orang dengan luas 12 10 6 meter dan 1 ruangan dengan kapasitas maksimum 200 orang yang secara rutin dipakai setiap semester. Jumlah laboratorium yang digunakan untuk kegiatan akademik PSTK adalah 2 buah.
Untuk staf akademik tersedia 10 ruangan dengan kapasitas ma10imum 2 orang. Satu ruangan untuk Ka. Prodi dan Sekretaris Prodi, serta 2 ruang untuk administrasi.
Jadi, ketersediaan ruangan dan fasilitas untuk kegiatan akademik sangat memadai seperti meja kursi, lemari, filing cabinet, kursi kuliah, meja dan kursi dosen, lemari rak buku dll, termasuk alat bantu pemelajaran di kelas.

2. Ruang Baca dan Perpustakaan
Dikarenakan Unila menganut sentralisasi perpustakaan, maka perpustakaan jurusan dan fakultas tidak dikenal, namun demikian PSTK dan Fakultas Teknik tetap menyediakan perpustakaan dan ruangan baca bagi masiswa yang koleksi bukunya masih sangat terbatas dan luas ruangan sangat sempit bila dibandingkan keseluruhan mahasiswa PSTK. Diperpustakaan Pusat referensi yang dapat mendukung program studi Teknik Kimia cukup memadai namun bila dibandingkan program studi lainnya, koleksi untuk pendidikan Teknik Kimia masih terbatas.
Dengan keterbatasan buku referensi ini, maka untuk memenuhi tuntutan perkuliahan biasanya dosen yang mempunyai koleksi buku meminjamkan kepada mahasiswanya. Kendala lain yang dialami mahasiswa PSTK adalah di perpustakaan pusat belum menyediakan Jurnal Teknik Kimia dengan jumlah yang memadai, sehingga sulit untuk menemukan penemuan aktual.
PSTK juga menyediakan ruang baca untuk referensi internal seperti akses terhadap laporan Kerja Praktek, Penelitian dan Pengabdian kepada Msyarakt. Selain itu, PS juga menyediakan beberapa buku teks.

3. Laboratorium
Berdasarkan kompetensi dan spesifikasi kurikulum, maka dalam pelaksanaan aktivitas akademik di Program Studi Teknik Kimia difasilitasi oleh dua kategori Laboratorium yakni Laboratorium Operasi Teknik Kimia yang bersifat instruksional dan Laboratorium Penelitian.
Keterbatasan peralatan Teknik Kimia di program studi Teknik Kimia sampai saat ini masih bisa diatasi dengan melakukan kerjasama dengan pihak instansi pemerintah dan swasta yang dalam aktivitasnya berhubungan dengan kegiatan bidang Teknik Kimia. Kerjasama ini dilakukan terutama dalam pembuatan tugas akhir mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s