Welcome to Radiks Chemical Enginnering information

Dosen Undip Temukan Sistem Pengering Sangat Efisien


m jaeniSemarang, tekim.undip.ac.id – Proses pengeringan bahan pangan dan obat sangat umum digunakan sebelum didistribusikan sampai ke konsumen. Namun proses ini sangat boros, menyita sebagian besar penggunaan energi dalam industri. Seiring dengan semakin mahalnya energi fosil saat ini, kenaikan emisi karbon bumi serta perubahan iklim dunia, maka proses pengeringan juga menjadi semakin tidak efisien, mahal dan menekan industri menjadi megap-megap mencari terobosan.
Karena itu temuan dosen Universitas Diponegoro Mohamad Djaeni berupa sistem pengering adsorpsi dengan zeolite untuk produk bahan pangan dan tanaman obat, disambut gegap gempita dunia industri di Belanda.

Hasil riset Djaeni, yang menempuh Phd di Universitas Wageningen dengan promotor Dr.ir. A.J.B. van Boxtel, Prof. Dr. J.P.M. Sanders dan Prof. Dr. ir. G. van Straten, dikualifikasikan di Belanda sebagai sebuah terobosan dan inovasi di bidang teknologi pengeringan.

Sistem pengering adsorpsi dengan zeolite ini menjadi alternatif untuk mereduksi konsumsi energi, terutama untuk industri bahan pangan maupun obat yang memerlukan proses pengeringan dengan temperatur rendah hingga menengah.

Keunggulan lain dari temuan Djaeni ini adalah transfer air dalam sistem pengeringan menjadi jauh lebih baik dan kualitas serta kemurnian produk bisa sangat terjaga.

Selain itu sistem pengering ini juga ramah lingkungan, sesuatu yang sangat diperlukan umat manusia untuk menjamin keberlanjutan planet bumi demi anak cucu kelak.

Sumber: Detik.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s